Kamis, 07 Juli 2011

PESAN-PESAN SMP NEGERI 1 WANAREJA-CILACAP KEPADA PARA SISWANYA

By Mr. MUHAMMAD NURHADI, S.Pd.

HAI PARA SISWA-SISWI SMPN 1 WANAREJA!  HOW ARE YOU?
I HOPE YOU ALL ARE WELL, AND EVERYTING AT HOME IS FINE.

Ingatlah para siswa, ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi agar kalian sukses dalam belajar (menuntut ilmu) :
1. Senantiasa mengasah otak kalian. Agar otak selalu tajam alias tidak tumpul, maka asahlah otak dengan cara selalu belajar. Belajarlah secara teratur tiap hari. Buatlah daftar kegiatan harian kalian, jam berapa ( kapan waktunya kalian harus belajar)

2. Harus ada motivasi ( dorongan jiwa ) terutama dari dirinya sendiri untuk belajar, meskipun di luar siswa juga diberikan motivasi oleh orang tua dan bapak ibu guru. Untuk itu, siswa harus berusaha membuat dirinya senang terhadap ilmu-ilmu yang dipelajarinya, selalu baik dan menaruh rasa hormat kepada gurunya.

3. Siswa harus berusaha memiliki sifat sabar. Dengan memiliki sifat sabar inilah maka siswa tidak akan mudah frustasi dalam belajar. Melainkan akan selalu berusaha untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapinya dalam belajar. Baik dengan cara bertanya kepada temannya yang lebih tahu, kepada orang lain, ataupun kepada bapak/ibu guru di sekolah.

4. Memiliki finansi , kaitannya dengan uang/money/biaya/bekal. Masalah finansial ini sangat menunjang sekali dalam ketenangan dan keseriusan dalam belajar. Hal ini karena siswa butuh makan/minum kalau lapar dan dahaga selama belajar di sekolah. Butuh uang transport, uang buku materi / LKS, untuk sumbangan- sumbangan sosial, dan lain-lain.

5. Mendapat petunjuk dan nasehat guru. Agar siswa mudah dalam belajar maka harus selalu memperhatikan keterangan-keterangan dari guru, selalu ta’at dan patuh kepada guru. Karena sebagian dari agar siswa mudah menyerap ilmu dan ilmunya berkah adalah hormat dan taat kepada guru. Wamin ta’dziimil ‘ilmi ta’dziimul ustadz.

6. Prisip belajar sepanjang masa. Belajar harus terus menerus dilakukan sepanjang hidup kita ( selama hayat masih di kandung badan). Rosululloh SAW bersabda : Uthlubul ilma minalmahdi ilallahdi. Yang artinya :” Carilah ilmu dari ayunan sampai ke liang lahat/qubur).
Sabdanya yang lain : Uthlubul ‘ilma walau bishshiin. Yang artinya : Carilah ilmu waalau di negeri Cina.” Maka kapan saja dan di mana saja, kita harus berusaha untuk menyerap /memperoleh/ mencari tambahnya ilmu tiap tiap hari. Dan mencari ilmu itu hukumnya adalah wajib. Sebagaimana sabda Rosululloh SAW : Tholabul ‘ilmi faridhotun ‘ala kulli muslimin wamuslimatin. Yang artinya : “Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi kaum muslimin dan muslimat.”


ENGLISH TEACHER OF SMPN1 WANAREJA
MUHAMMAD NURHADI, S.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar